SELAMAT DATANG SAHABAT PEMBELAJAR

Jumat, 29 Desember 2017

ODOW dan ODOP

odow dan odop

Saya tertarik pesan singkat disampaikan oleh rekan  IGI   pk Elyas, S.Pd, M.Eng, guru SMKN 4 Yogyakarta. Pesan motivasi dan sangat inspiratif  ini  saya tuangkan sebagai catatan saya pada blog ini,  dengan harapan berbagi motivasi dan inspirasi.
Blog  "Belajar dan Berbagi bersama"  merupakan  kreasi saya, sebagai product diklat  SAGUSABLOG  yang dibimbing secara online oleh master IT, "Mr.Mung". SAGUSABLOG  (Satu Guru Satu Blog)  merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Ikatan Guru Indonesia.

Baiklah, catatan saya yang dikutip melalui pesan singkat pk Elyas:
------------------------------------------------------------------------------------

Dalam keseharian kita telah mengenal istilah odoj, One Day One Juz, satu hari satu juz, pesan moral bagi pecinta AlQuran Dalam membaca setiap hari satu juz. Ada juga odop, one day one page, satu hari satu halaman membaca AlQuran.
Saya pun ikut-ikutan mengusulkan istilah ODOW, one day one writing, satu hari satu tulisan. Odow ini merupakan wahana untuk memicu diri sendiri, agar tetap bersemangat dalam berkarya. Karya yang ditulis dengan hati akan mempunyai dampak yang luas.
Secara harfiah bila "odow" dilakukan secara konsisten, setiap hari satu halaman saja, satu tahun bisa panen tulisan 365 lembar. Wow 1 buku...keren ya. Bayangkan kalau satu hari dua tulisan, jadi 730 halaman / tahun. Dan andai bisa 3 tulisan, sudah 1095 halaman / tahun. Ehm...la la...
Menulis di era digital tidaklah sulit. Cukup bicara, biarkan hp androidmu untuk merangkai kata-katanya. Apa yang kita ucapkan langsung tertulis dengan rapi. Membaca di era ini pun serasa mudah, tidak harus menggunakan mata, tetapi cukup pakai telingga. Perpaduan menulis dengan mulut dan membaca dengan telingga dikembangkan oleh mas mampuono, beliau juga sebagai sekjend igi dan kalau anda ingin menggunakan cukup klik ini https://play.google.com/store/apps/details?id=menemubaling.v04 komplet deh diajari cara pakainya ...asyik kan..
Tunggu apa lagi tulislah apa saja yang anda lihat, dengar, rasakan dan impikan. Tidak usah takut salah.."waton nulis wae" lama ke lamaan akan indah sendiri, menemukan stylenya. Agar tulisan bisa renyah dan enak di baca, perlu dari jiwa yang dalam. ketulusan jiwa menghasilkan karya terindah.
Ayoo mulai saat ini, lakukan secara konsisten, maka keajaiban itu pasti datang. Ikuti group-group baik di Washaps dan Telegram, kirimkan tulisan anda, sebagai kado silang , abadikan di blog pribadi seperti www.sagusabos.com atau juga kirim tulisan ke www.menemubaling.com atau blog kroyokan seperti www.blog.igi.or.id
Ndak usah mikir...ya lakukan apa yang bisa dikerjakan. Pastikan bahwa "tulislah terus, berkarya terus sampai raga ini terpisah dengan jiwa. bila dilakukan dengan ajeg percaya diri, sesustu akan menjadi indah tepat saat waktunya. Jangan salah lagi ya ..pastikan odow, selalu di hati...):
------------------------------------------------------------------------

Demikian pesan singkat pk Elyas melalui grup MSC INDONESIA.
Yang dikirim tanggal 16 Oktober 2017 melalui aplikasi telegram dan kebetulan saya terhubung grup dimaksud.
Sesaat setelah saya menyimak content pesan pk Elyas, saya segera praktekkan melalui aplikasi menemubaling dishare pk Elyas dalam pesan singkat diatas, yang menurut saya aplikasi tersebut tampilan menunya berbeda dengan app yang ada pada tablet saya.
Simpulan saya..., tetaplah semangat berKarya dengan memanfaatkan kemudahan IT.
Jika diperkenankan mengutip istilah, saya lebih memilih ODOW dan ODOP
• Melalui semangat ODOW "one day one write" bersama kita kembangkan potensi akademik untuk berKarya demi anak bangsa berkarakter.
• Melalui semangat ODOP "one day one page" bersama kita galakkan motivasi berTilawah untuk investasi abadi.
Semoga bermanfaat,
Salam silaturrahmi.
#Rahmawaty Polontalo - IGMP MTK GTLO

0 komentar:

Posting Komentar