SELAMAT DATANG SAHABAT PEMBELAJAR

Senin, 16 November 2020

DIKLAT PEMBELAJARAN GTK di Masa Pandemi Covid -19

Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Tahap 2 terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:

  1. Mendapatkan Inspirasi. Anda diharapkan menyaksikan video webinar untuk mendapatkan inspirasi pembelajaran jarak jauh.
  2. Mengembangkan. Anda diharapkan merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh di kelas Anda.
  3. Merefleksikan. Anda diharapkan menulis dan menilai praktik baik pembelajaran jarak jauh.

Untuk kelancaran pelaksanaan pembelajaran ini, diharapkan untuk:

  1. Mengikuti instruksi pembelajaran dengan teliti
  2. Mempelajari secara seksama semua konsep 
  3. Mengisi kuis sesuai kondisi Anda sebenarnya
  4. Melakukan latihan secara mandiri dan berkala

Course Content

A. Mendapatkan Inspirasi Pengembangan Pembelajaran Jarak Jauh
  1. Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru PAUD/RA
  2. Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SD/MI
  3. Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMP/MTS
  4. Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMA/MA
  5. Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMK
  6. Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SLB
B. Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh
  1. Pilihan Sumber Belajar yang Bisa Digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh
  2. Merancang dan Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh
  3. Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
C. Merefleksikan Pembelajaran Jarak Jauh
  1. Melakukan Penilaian Diri Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
  2. Hasil Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
  3. Membuat Rencana Perbaikan Praktik Pembelajaran Jarak Jauh

A. Mendapatkan Inspirasi Pengembangan Pembelajaran Jarak Jauh

  • Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru PAUD/RA, klik disini
Inspirasi yang  didapat untuk melakukan pembelajaran jarak jauh:  "Tuhan sedang mengajarkan kita untuk menjadi terang-terang kecil yang harus terus hidup untuk negeri ini"

  • Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SD/MI, klik disini
Inspirasi yang  didapat untuk melakukan pembelajaran jarak jauh:  "PJJ tidak harus membingungkan kita, Pandemi tidak harus membuat kita galau tak berdaya, sebagai guru harus berinovasi dengan alat disekitar, agar pembelajaran tetap berjalan, menyenangkan dan bermakna bagi siswa"
  • Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMP/MTS, klik disini

Inspirasi yang  didapat untuk melakukan pembelajaran jarak jauh:  "Jadi guru jangan kehilangan akal, jadilah guru yang banyak akal, karena setiap kesulitan sudah disediakan jalan keluarnya"

  •  Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMA/MA, klik disini

Inspirasi yang  didapat untuk melakukan pembelajaran jarak jauh:   “Pembelajaran jarak jauh menguras tenaga dan perasaan kita semua, guru, siswa dan orang tua. Saat ini sejatinya hanya motivasi yang dibutuhkan oleh siswa kita bukan teknologi canggih. Apapun teknologinya, guru tetap ruh dari pembelajaran itu sendiri.”

  • Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMK, klik disini
Inspirasi yang  didapat untuk melakukan pembelajaran jarak jauh:  “Pembelajaran jarak jauh itu bukan tentang secanggih apa teknologi yang digunakan, namun tentang bagaimana guru itu bisa memanfaatkan teknologi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan murid”

  • Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SLB, klik disini
Inspirasi yang  didapat untuk melakukan pembelajaran jarak jauh:  “Mengetahui kondisi anak didik secara utuh adalah hal yang harus dilakukan oleh para guru, karena dengan hal tersebutlah para guru bisa tahu pembelajaran yang tepat bagi setiap anak didiknya”

 B. Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh

1. Pilihan Sumber Belajar yang Bisa Digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh

  • Pilihan Sumber Belajar untuk Guru PAUD/RA
Tingkat PAUD: Buku Saku
Semua Jenjang: Belajar dari Rumah di TVRI
  • Pilihan Sumber Belajar untuk Guru SD/MI
Tingkat SD: Modul Belajar Literasi & Numerasi
Semua Jenjang: Belajar dari Rumah di TVRI
  • Pilihan Sumber Belajar untuk Guru SMP/MTS
  • Pilihan Sumber Belajar untuk Guru SMA/MA/SMK
  • Pilihan Sumber Belajar untuk Guru SLB

2. Merancang dan Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh

Silahkan pelajari panduan berikut ini:
  • Buatlah rencana pembelajaran jarak jauh berdasarkan pemahaman yang Anda dapatkan selama mengikuti program ini. Anda diperbolehkan membuka materi Tahap 1: Bimtek dan Tahap 2: Diklat. Format rencana pembelajaran jarak jauh boleh Anda tentukan sendiri selama ada 3 komponen RPP Merdeka Belajar: tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen pembelajaran.
  • Diskusikan rencana pembelajaran jarak jauh dengan 2 – 3 rekan guru yang lain untuk mendapatkan masukan. Lakukan revisi bila perlu
  • Praktikkan rencana pembelajaran jarak jauh tersebut. Apabila ada kesulitan, jangan segan untuk meminta masukan dari rekan guru yang lain
Setiap upaya perubahan tidak pernah mudah, tapi percayalah tidak ada perubahan yang lebih layak diperjuangkan selain perubahan pembelajaran yang berpihak pada siswa. Semangat Bapak Ibu Guru semua!

CATATAN PENTING: Lakukan perencanaan dan penerapan pembelajaran jarak jauh di kelas Anda, sebelum melanjutkan program lebih lanjut.


 

3. Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

surat kabar

Ada 3 poin dalam bentuk pertanyaan panduan yang akan membantu kita untuk menuliskan praktik baik pembelajaran. Cermati pertanyaan-pertanyaan panduan berikut ini:

  • Ingat seluruh pengalaman Anda dalam merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana alur pengalaman Anda sejak awal merancang hingga menerapkan pembelajaran jarak jauh? Bagaimana kondisi awal? Apa tantangan yang dihadapi? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi tantangan?
  • Dari pengalaman yang telah Anda jelaskan sebelumnya, bagaimana respon dan komentar dari siswa Anda? Apa usulan siswa untuk pengembangan pembelajaran jarak jauh selanjutnya?
  • Apa perbedaan praktik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan antara sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19? Tuliskan poin perbedaan beserta bukti dan penjelasannya

Anda dapat membuat draft penulisan dengan bantuan penduan ini, kemudian menyalinnya sebagi jawaban pertanyaan untuk mengunggah praktik baik Anda. Selamat bekerja!



Ingat seluruh pengalaman Anda dalam merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana alur pengalaman Anda sejak awal merancang hingga menerapkan pembelajaran jarak jauh? Bagaimana kondisi awal? Apa tantangan yang dihadapi? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi tantangan?

1. Alur rancangan menerapkan PJJ yang saya lakukan adalah berkoordinasi dengan wali kelas & kepala program masing masing jurusan untuk membahas kesiapan peserta didik dan orang tua serta fasilitas yang dimiliki peserta didik dalam PJJ

2. Kondisi awal sebanyak 50% dari jumlah siswa yg dibimbing berhasil masuk kelas virtual yang menggunakan media Office teams, sedangkan 50% belum terhubung kelas virtual

3. 50% Peserta didik yang berhasil masuk kelas virtual saya bimbing secara daring baik dengan metode diskusi interaktif melalui menu Postingan atau tatap muka virtual  melalui room teams jika dibutuhkan. Dan untuk 50% siswa yang belum terhubung kelas virtual, saya lakukan koordinasi kontinu dengan walikelas & kepala program untuk solusi terbaik. Salah satu alternatif solusinya dengan menghadirkan peserta didik  di sekolah secara bergilir untuk diberi assesmen non kognitif, sambil memberi dukungan moril agar tetap semangat dengan kondisi Pandemi

 

Dari pengalaman yang telah Anda jelaskan sebelumnya, bagaimana respon dan komentar dari siswa Anda? Apa usulan siswa untuk pengembangan pembelajaran jarak jauh selanjutnya?

Komentar peserta didik:
1. Merasa bosan belajar di rumah
2. Jaringan lambat
3. Belum paham, tetapi diberikan tugas
4. Tugas banyak
5. Pendampingan orang tua minim 
Usulan peserta didik:
1. Pembelajaran bermakna
2. Belajar menggunakan aplikasi zoom
3. Guru berkunjung
4. Tugas sedikit
5. Orang tua mendampingi

Apa perbedaan praktik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan antara sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19? Tuliskan poin perbedaan beserta bukti dan penjelasannya.

Perbedaan praktik PJJ sebelum ikut program guru belajar adalah memberikan tugas kepada  peserta didik  banyak dan tidak terstruktur, tapi setelah ikut program guru belajar metode dan pendekatan  PJJ makin fleksibel, lebih memahami sikon siswa dengan memaksimalkan pendampingan guru dalam PJJ
1. Membangun kemampuan interpersonal 
2. Memaksimalkan pendampingan
3. Kompetensi siswa & guru
4. Secara obyektif dan terstruktur  terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh
5. Melakukan refleksi terhadap PJJ yang dilakukan 
6. Guru  pembelajar  tidak pernah berhenti belajar  untuk membangun pembelajaran bermakna bagi peserta didik
7. Kemandirian & tanggung jawab
8. Orientasi belajar

C. Merefleksikan Pembelajaran Jarak Jauh

1. Melakukan Penilaian Diri Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

Apa tujuan penilaian diri terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh?

  • Membantu Anda melakukan penilaian diri secara obyektif dan terstruktur terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh Anda
  • Membantu Anda melakukan refleksi untuk mengetahui aspek dari pembelajaran jarak jauh Anda yang sudah efektif dan aspek yang masih perlu diperbaiki 
  • Membantu Anda menjadi guru belajar sepanjang hayat demi memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa Anda

Apa prinsip penilaian diri terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh?

  • Kemandirian. Anda sebagai guru tentu sebagaimana orang dewasa yang lain mempunyai kemandirian dalam melakukan penilaian. Mandiri berarti melakukannya sendiri, tidak tergantung atau terpengaruh pihak lain.
  • Tidak beresiko. Apapun pilihan jawaban Anda, tidak mempengaruhi kelulusan Anda pada program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19
  • Orientasi belajar. Pilihan jawaban Anda memang tidak mempengaruhi kelulusan tapi akan mempengaruhi arah belajar Anda. Semakin obyektif Anda melakukan penilaian, semakin besar Anda mendapatkan pelajaran penting dari program Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19. 

Setelah memahami tujuan dan prinsipnya, Anda dipersilahkan melakukan penilaian diri pembelajaran jarak jauh dengan mengisi Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh. 


2. Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

Capaian Skor Asesmen Pasca Program: 15 dari 15 point [100%]

Hasil Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh

Anda sudah melakukan Penilaian Diri Pembelajaran Jarak Jauh dan sudah mendapatkan nilai hasilnya. Apa arti dari nilai tersebut?

Nilai 1 hingga 5

Semangat Pemula. Semangat belajar Anda layak diapresiasi. Meski berat, Anda telah berusaha dan mencoba melakukan pembelajaran jarak jauh yang lebih bermakna. Mari ditingkatkan lagi. Pelajari ulang program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 secara mandiri atau ajak diskusi rekan guru yang lain agar bisa mendapatkan pemahaman yang lebih utuh. 

Nilai 6 hingga 10

Pendaki Tantangan. Usaha Anda layak diapresiasi. Anda telah melakukan perbedaan penerapan pembelajaran jarak jauh dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Anda sudah melakukan pembelajaran yang mulai berpihak pada siswa. Mari ditingkatkan lagi! Perhatikan aspek-aspek penilaian diri yang masih belum terpenuhi. Lakukan perbaikan pada rencana pembelajaran jarak jauh berikutnya. 

Nilai 11 hingga 15  💪

Potensi Penggerak. Usaha Anda layak dipelajari oleh guru yang lain. Anda telah melakukan pembelajaran jarak yang yang berpihak pada anak. Praktik baik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan layak menjadi sumber inspirasi bagi guru yang lain. Mari bergerak lebih jauh, mengajak guru yang lain untuk mengembangkan kemampuan melakukan pembelajaran jarak jauh. Ajak mereka mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19. Semangat!

Anda punya Semangat Pemula, Pendaki Tantangan atau Potensi Penggerak? Apa pun hasilnya, selamat buat Anda! Apa pun hasilnya yang penting adalah tindak lanjut belajarnya. Mari kita mulai.

Anda dapat melakukan review kuis dan mempelajari poin-poin apa saja yang masih perlu dikembangkan dan mengikuti kembali kuis refleksinya. Klik “kembali” untuk mengikuti kuis lagi. Dari poin-poin perbaikan tersebut, Anda akan membuat rencana perbaikan.

3. Membuat Rencana Perbaikan Praktik Pembelajaran Jarak Jauh

Selamat ya sudah sampai pada topik terakhir pada Tahap 2: Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19. Sungguh suatu perjuangan belajar yang luar biasa. Pada bagian ini, Anda diajak melakukan langkah perbaikan berdasarkan hasil penilaian diri yang telah Anda lakukan pada topik sebelumnya.

Ingat kembali hasil penilaian diri terhadap pembelajaran jarak jauh. Apa aspek yang masih perlu diperbaiki dari praktik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan? Apabila ada lebih dari 1 aspek, pilih satu aspek yang akan menjadi fokus perbaikan. Silahkan isi tabel berikut ini dengan mengacu pada panduan berikut ini:

Aspek PJJ: Tulis aspek pembelajaran jarak jauh yang ingin diperbaiki. 

Sasaran Perbaikan: Tuliskan sasaran perbaikan pembelajaran jarak jauh yang ingin Anda capai. Semisal: Menggunakan hasil asesmen diagnosis untuk merancang pembelajaran jarak jauh.

Rencana Perbaikan: Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan perbaikan pembelajaran jarak jauh. 

Tuliskan secara ringkas, agar mudah dipahami dan dilakukan. Rencana perbaikan yang baik adalah rencana perbaikan yang dilakukan. 

Anda bisa membuat sendiri tabel perbaikan pembelajaran jarak jauh. Anda bisa perkaya dengan komponen lain asal ada 3 komponen inti: aspek PJJ, sasaran perbaikan dan rencana perbaikan. 





SERTIFIKAT DIKLAT

0 komentar:

Posting Komentar