Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia |
Tahap 2 terdiri dari 3 bagian utama, yaitu:
- Mendapatkan Inspirasi. Anda diharapkan menyaksikan video webinar untuk mendapatkan inspirasi pembelajaran jarak jauh.
- Mengembangkan. Anda diharapkan merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh di kelas Anda.
- Merefleksikan. Anda diharapkan menulis dan menilai praktik baik pembelajaran jarak jauh.
Untuk kelancaran pelaksanaan pembelajaran ini, diharapkan untuk:
- Mengikuti instruksi pembelajaran dengan teliti
- Mempelajari secara seksama semua konsep
- Mengisi kuis sesuai kondisi Anda sebenarnya
- Melakukan latihan secara mandiri dan berkala
Course Content
- Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru PAUD/RA
- Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SD/MI
- Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMP/MTS
- Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMA/MA
- Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMK
- Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SLB
- Pilihan Sumber Belajar yang Bisa Digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh
- Merancang dan Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh
- Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
- Melakukan Penilaian Diri Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
- Hasil Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
- Membuat Rencana Perbaikan Praktik Pembelajaran Jarak Jauh
A. Mendapatkan Inspirasi Pengembangan Pembelajaran Jarak Jauh
- Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru PAUD/RA, klik disini
Inspirasi yang didapat untuk melakukan pembelajaran jarak jauh: "Tuhan sedang mengajarkan kita untuk menjadi terang-terang kecil yang harus terus hidup untuk negeri ini"
- Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SD/MI, klik disini
Inspirasi yang didapat untuk melakukan pembelajaran jarak jauh: "PJJ tidak harus membingungkan kita, Pandemi tidak harus membuat kita galau tak berdaya, sebagai guru harus berinovasi dengan alat disekitar, agar pembelajaran tetap berjalan, menyenangkan dan bermakna bagi siswa"
- Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMP/MTS, klik disini
Inspirasi yang didapat untuk melakukan pembelajaran jarak jauh: "Jadi guru jangan kehilangan akal, jadilah guru yang banyak akal, karena setiap kesulitan sudah disediakan jalan keluarnya"
- Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMA/MA, klik disini
Inspirasi yang didapat untuk melakukan pembelajaran jarak jauh: “Pembelajaran jarak jauh menguras tenaga dan perasaan kita semua, guru, siswa dan orang tua. Saat ini sejatinya hanya motivasi yang dibutuhkan oleh siswa kita bukan teknologi canggih. Apapun teknologinya, guru tetap ruh dari pembelajaran itu sendiri.”
- Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMK, klik disini
Inspirasi yang didapat untuk melakukan pembelajaran jarak jauh: “Pembelajaran jarak jauh itu bukan tentang secanggih apa teknologi yang digunakan, namun tentang bagaimana guru itu bisa memanfaatkan teknologi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan murid”
- Inspirasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SLB, klik disini
Inspirasi yang didapat untuk melakukan pembelajaran jarak jauh: “Mengetahui kondisi anak didik secara utuh adalah hal yang harus dilakukan oleh para guru, karena dengan hal tersebutlah para guru bisa tahu pembelajaran yang tepat bagi setiap anak didiknya”
B. Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh
1. Pilihan Sumber Belajar yang Bisa Digunakan untuk Pembelajaran Jarak Jauh
- Pilihan Sumber Belajar untuk Guru PAUD/RA
Tingkat PAUD: Buku SakuSemua Jenjang: Belajar dari Rumah di TVRI
- Pilihan Sumber Belajar untuk Guru SD/MI
Tingkat SD: Modul Belajar Literasi & NumerasiSemua Jenjang: Belajar dari Rumah di TVRI
- Pilihan Sumber Belajar untuk Guru SMP/MTS
- Pilihan Sumber Belajar untuk Guru SMA/MA/SMK
- Pilihan Sumber Belajar untuk Guru SLB
2. Merancang dan Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh
- Buatlah rencana pembelajaran jarak jauh berdasarkan pemahaman yang Anda dapatkan selama mengikuti program ini. Anda diperbolehkan membuka materi Tahap 1: Bimtek dan Tahap 2: Diklat. Format rencana pembelajaran jarak jauh boleh Anda tentukan sendiri selama ada 3 komponen RPP Merdeka Belajar: tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen pembelajaran.
- Diskusikan rencana pembelajaran jarak jauh dengan 2 – 3 rekan guru yang lain untuk mendapatkan masukan. Lakukan revisi bila perlu
- Praktikkan rencana pembelajaran jarak jauh tersebut. Apabila ada kesulitan, jangan segan untuk meminta masukan dari rekan guru yang lain
3. Menulis Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
Ada 3 poin dalam bentuk pertanyaan panduan yang akan membantu kita untuk menuliskan praktik baik pembelajaran. Cermati pertanyaan-pertanyaan panduan berikut ini:
- Ingat seluruh pengalaman Anda dalam merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana alur pengalaman Anda sejak awal merancang hingga menerapkan pembelajaran jarak jauh? Bagaimana kondisi awal? Apa tantangan yang dihadapi? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi tantangan?
- Dari pengalaman yang telah Anda jelaskan sebelumnya, bagaimana respon dan komentar dari siswa Anda? Apa usulan siswa untuk pengembangan pembelajaran jarak jauh selanjutnya?
- Apa perbedaan praktik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan antara sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19? Tuliskan poin perbedaan beserta bukti dan penjelasannya
Anda dapat membuat draft penulisan dengan bantuan penduan ini, kemudian menyalinnya sebagi jawaban pertanyaan untuk mengunggah praktik baik Anda. Selamat bekerja!
Ingat seluruh pengalaman Anda dalam merancang dan menerapkan pembelajaran jarak jauh. Bagaimana alur pengalaman Anda sejak awal merancang hingga menerapkan pembelajaran jarak jauh? Bagaimana kondisi awal? Apa tantangan yang dihadapi? Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi tantangan?
1. Alur rancangan menerapkan PJJ yang saya lakukan adalah berkoordinasi dengan wali kelas & kepala program masing masing jurusan untuk membahas kesiapan peserta didik dan orang tua serta fasilitas yang dimiliki peserta didik dalam PJJ
2. Kondisi awal sebanyak 50% dari jumlah siswa yg dibimbing berhasil masuk kelas virtual yang menggunakan media Office teams, sedangkan 50% belum terhubung kelas virtual
3. 50% Peserta didik yang berhasil masuk kelas virtual saya bimbing secara daring baik dengan metode diskusi interaktif melalui menu Postingan atau tatap muka virtual melalui room teams jika dibutuhkan. Dan untuk 50% siswa yang belum terhubung kelas virtual, saya lakukan koordinasi kontinu dengan walikelas & kepala program untuk solusi terbaik. Salah satu alternatif solusinya dengan menghadirkan peserta didik di sekolah secara bergilir untuk diberi assesmen non kognitif, sambil memberi dukungan moril agar tetap semangat dengan kondisi Pandemi
Dari pengalaman yang telah Anda jelaskan sebelumnya, bagaimana respon dan komentar dari siswa Anda? Apa usulan siswa untuk pengembangan pembelajaran jarak jauh selanjutnya?
Komentar peserta didik:1. Merasa bosan belajar di rumah2. Jaringan lambat3. Belum paham, tetapi diberikan tugas4. Tugas banyak5. Pendampingan orang tua minimUsulan peserta didik:1. Pembelajaran bermakna2. Belajar menggunakan aplikasi zoom3. Guru berkunjung4. Tugas sedikit5. Orang tua mendampingi
Apa perbedaan praktik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan antara sebelum dan sesudah mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19? Tuliskan poin perbedaan beserta bukti dan penjelasannya.
Perbedaan praktik PJJ sebelum ikut program guru belajar adalah memberikan tugas kepada peserta didik banyak dan tidak terstruktur, tapi setelah ikut program guru belajar metode dan pendekatan PJJ makin fleksibel, lebih memahami sikon siswa dengan memaksimalkan pendampingan guru dalam PJJ1. Membangun kemampuan interpersonal2. Memaksimalkan pendampingan3. Kompetensi siswa & guru4. Secara obyektif dan terstruktur terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh5. Melakukan refleksi terhadap PJJ yang dilakukan6. Guru pembelajar tidak pernah berhenti belajar untuk membangun pembelajaran bermakna bagi peserta didik7. Kemandirian & tanggung jawab8. Orientasi belajar
C. Merefleksikan Pembelajaran Jarak Jauh
1. Melakukan Penilaian Diri Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
Apa tujuan penilaian diri terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh?
- Membantu Anda melakukan penilaian diri secara obyektif dan terstruktur terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh Anda
- Membantu Anda melakukan refleksi untuk mengetahui aspek dari pembelajaran jarak jauh Anda yang sudah efektif dan aspek yang masih perlu diperbaiki
- Membantu Anda menjadi guru belajar sepanjang hayat demi memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa Anda
Apa prinsip penilaian diri terhadap praktik baik pembelajaran jarak jauh?
- Kemandirian. Anda sebagai guru tentu sebagaimana orang dewasa yang lain mempunyai kemandirian dalam melakukan penilaian. Mandiri berarti melakukannya sendiri, tidak tergantung atau terpengaruh pihak lain.
- Tidak beresiko. Apapun pilihan jawaban Anda, tidak mempengaruhi kelulusan Anda pada program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19
- Orientasi belajar. Pilihan jawaban Anda memang tidak mempengaruhi kelulusan tapi akan mempengaruhi arah belajar Anda. Semakin obyektif Anda melakukan penilaian, semakin besar Anda mendapatkan pelajaran penting dari program Diklat Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19.
Setelah memahami tujuan dan prinsipnya, Anda dipersilahkan melakukan penilaian diri pembelajaran jarak jauh dengan mengisi Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh.
2. Asesmen Pasca Program: Menilai Praktik Baik Pembelajaran Jarak Jauh
Capaian Skor Asesmen Pasca Program: 15 dari 15 point [100%]
Nilai 1 hingga 5
Semangat Pemula. Semangat belajar Anda layak diapresiasi. Meski berat, Anda telah berusaha dan mencoba melakukan pembelajaran jarak jauh yang lebih bermakna. Mari ditingkatkan lagi. Pelajari ulang program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 secara mandiri atau ajak diskusi rekan guru yang lain agar bisa mendapatkan pemahaman yang lebih utuh.
Nilai 6 hingga 10
Pendaki Tantangan. Usaha Anda layak diapresiasi. Anda telah melakukan perbedaan penerapan pembelajaran jarak jauh dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Anda sudah melakukan pembelajaran yang mulai berpihak pada siswa. Mari ditingkatkan lagi! Perhatikan aspek-aspek penilaian diri yang masih belum terpenuhi. Lakukan perbaikan pada rencana pembelajaran jarak jauh berikutnya.
Nilai 11 hingga 15 💪
Potensi Penggerak. Usaha Anda layak dipelajari oleh guru yang lain. Anda telah melakukan pembelajaran jarak yang yang berpihak pada anak. Praktik baik pembelajaran jarak jauh yang Anda lakukan layak menjadi sumber inspirasi bagi guru yang lain. Mari bergerak lebih jauh, mengajak guru yang lain untuk mengembangkan kemampuan melakukan pembelajaran jarak jauh. Ajak mereka mengikuti program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19. Semangat!
3. Membuat Rencana Perbaikan Praktik Pembelajaran Jarak Jauh
Aspek PJJ: Tulis aspek pembelajaran jarak jauh yang ingin diperbaiki.
Sasaran Perbaikan: Tuliskan sasaran perbaikan pembelajaran jarak jauh yang ingin Anda capai. Semisal: Menggunakan hasil asesmen diagnosis untuk merancang pembelajaran jarak jauh.
Rencana Perbaikan: Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan perbaikan pembelajaran jarak jauh.
0 komentar:
Posting Komentar