![]() |
www.mtkrahma.my.id |
MODUL 01 PPMB LEVEL NOL
👉 Pra Program [2 Aktivitas]
1. Aktivitas 1: Pembukaan Program
Tujuan:
- Merefleksikan pengalaman disiplin pada pendidikan masa lalu
- Membedakan peraturan dan kesepakatan
- Menjelaskan kesepakatan kelas sebagai bagian manajemen kelas
- Memahami kesepakatan kelas untuk memfasilitasi merdeka belajar
- Membandingkan kesepakatan kelas secara daring dan luring
- Menjelaskan bagaimana memandu kesepakatan kelas
- Membuat rencana memandu kesepakatan kelas
- Melakukan refleksi pengalaman memandu kesepakatan kelas
2. Aktivitas 2: Asesmen Pra Program [60/100]
Soal:
- Cara yang paling efektif ketika murid di kelas melakukan pelanggaran? [Mengajak murid di kelas untuk refleksi]
- Bagaimana cara efektif agar murid dapat berkomitmen dengan aturan yang ada di kelas? [Melibatkan murid dalam membuat kesepakatan bersama] ok
- Manakah dari pernyataan di bawah yang menjadi ciri dari Kesepakatan Kelas? [Dibuat oleh setiap pihak yang terlibat]
- Apa langkah awal yang perlu dilakukan guru untuk membuat kesepakatan kelas? [Guru memahami profil murid di kelas]
- Pertanyaan yang tepat diajukan untuk memandu Kesepakatan Kelas? [Situasi kelas seperti apa yang kalian harapkan di kelas kita?]
- Apa perbedaan antara peraturan dengan kesepakatan? [Peraturan dibuat guru, kesepakatan dibuat guru dan murid] ok
- Untuk siapa kesepakatan kelas diperlakukan? [Untuk guru dan murid] ok
- Disiplin diri murid pada dasarnya bersumber pada: [Kesadaran akan tujuan dan kondisi yang kondusif] ok
- Bagaimana bentuk dan tampilan kesepakatan kelas yang efektif? [Menyesuaikan dengan tahap perkembangan murid di kelas] ok
- Tujuan jangka panjang dari penggunaan kesepakatan kelas adalah… [Menumbuhkan tanggung jawab dalam kehidupan bersama] ok
👉 Refleksi Pengalaman Disiplin [8 Aktivitas]
3. Aktivitas 3: Bergabung Grup Pendidikan Penggerak Merdeka Belajar Level 0
Bagaimana cara bergabung bersama guru merdeka belajar lain? bergabung ke grup telegram Pendidikan Penggerak Merdeka Belajar (PPMB) Level 0 lewat tautan
4. Aktivitas 4: Konfirmasi Bergabung di Grup Pendidikan Penggerak Merdeka Belajar Level 0 [100/100]
5. Aktivitas 5: Perkenalan Diri
6. Aktivitas 6: Refleksi Pengalaman Masa Lalu
- Bagaimana pengalaman penegakan disiplin yang Anda alami ketika menjadi murid di sekolah dasar?
- Apa pengalaman paling membekas? Apa yang dirasakan ketika mengingat pengalaman tersebut?
7. Aktivitas 7: Dampak Penegakan Disiplin Semasa Sekolah
Menganalisa dampak positif dan dampak negatif dari pengalaman penegakan disiplin yang dialami.
"Dampak positif: karena disiplin yang ditegakkan bersumber dari sekolah, maka saya selaku murid manut saja, sepanjang disiplinnya dalam batas kewajaran. Dan saya merasa berada di lingkungan pendidikan yang menempah pribadi disiplin.
Dampak negatif: rasa takut berlebihan, karena pada killer gurunya ðŸ¤ðŸ˜… (rahmasmile)"
8. Aktivitas 8: Konsep dan Miskonsepsi Disiplin
9. Aktivitas 9: Kuis Miskonsepsi Disiplin
10. Aktivitas 10: Pembahasan Kuis
Bila jawaban semua B itu artinya sudah paham Esensi dari Disiplin. Semua pernyataan pada pilihan A adalah Miskonsepsi Disiplin
👉 Konsep Kesepakatan Kelas [4 Aktivitas]
11. Aktivitas 11: Kesepakatan Kelas sebagai Landasan Manajemen Kelas
kesepakatan kelas bisa mendukung manajemen kelas untuk membangun kesadaran akan tujuan, mengembangkan cara dan kebiasaan bersama, serta refleksi terhadap proses dan capaian untuk mencapai tujuan baik dari dimensi fisik, psikologis atau sosial. Untuk menerapkan kesepakatan kelas seringkali kita bingung membedakan apa perbedaan kesepakatan kelas dengan aturan? Mari kita membaca infografik

13. Aktivitas 13: Kuis Konsep Kesepakatan Kelas [100/100]
14. Aktivitas 14: Pembahasan Kuis Konsep Kesepakatan Kelas

👉 Kesepakatan Kelas dan Merdeka Belajar [5 Aktivitas]
15. Aktivitas 15: Prinsip Merdeka Belajar

"kesepakatan kelas berperan sebagai landasan dalam melakukan manajemen kelas. dan manajemen kelas yang dikelola berdasar kesepakatan kelas akan memberi nuansa MERDEKA BELAJAR" [rahma]
16. Aktivitas 16: Nilai Penting dalam Kesepakatan Kelas
Kesepakatan kelas yang Merdeka Belajar. Kesepakatan kelas merdeka yaitu melibatkan murid dalam penentuan tujuan, memberi pilihan cara dan melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar.
Konsekuensi alami bukan hukuman. Konsekuensi alami adalah segala sesuatu yang terjadi secara alami, tanpa campur tangan orang dewasa. Saat Ibu/Bapak berdiri di tengah hujan, Ibu/Bapak menjadi basah. Saat Ibu/Bapak tidak makan, Ibu/Bapak merasa lapar. Ketika Ibu/Bapak lupa mantel Ibu/Bapak, Ibu/Bapak kedinginan. Orang dewasa yang cenderung menceramahi, menghukum, memarahi, berkata, "Sudah kubilang," atau melakukan apa pun yang akan menambah rasa bersalah, rasa malu, atau rasa sakit daripada yang konsekuensi mungkin dialami anak secara alami dari pengalaman itu.
Dibanding menyalahkan, fokus pada solusi!
Bagaimana menerapkan prinsip 3R+1H agar kesepakatan kelas fokus pada solusi bukan hanya konsekuensi. Mari simak infografis pada aktivitas ini!
power point

17. Aktivitas 17: Kesepakatan Kelas dan Merdeka Belajar
Akan tetapi, kelas merdeka belajar mungkin ramai tapi guru dan murid mengelola keramaian tersebut pada batasan yang bisa diterima bersama.
18. Aktivitas 18: Diskusi Kesepakatan Kelas dan Merdeka Belajar

19. Aktivitas 19: Pembahasan Diskusi Kesepakatan Kelas dan Merdeka Belajar
Kesepakatan kelas akan mewujudkan pembelajaran yang merdeka belajar. Kelas yang tidak merdeka belajar mungkin lebih tenang tapi ketenangannya bersifat semu karena murid takut dengan hadirnya guru di dalam kelas. Ini disebabkan tidak adanya kesepakatan kelas sehingga murid kurang terlibat dalam pembelajaran.
Akan tetapi, kelas merdeka belajar mungkin ramai tapi guru dan murid mengelola keramaian tersebut pada batasan yang bisa diterima bersama. Hal ini dikarenakan adanya kesepakatan kelas dimana murid terlibat dalam prosesnya.
👉 Kesepakatan Kelas Daring (Online) dan Tatap Muka (Offline) [4 Aktivitas]
20. Aktivitas 20: Diskusi Kesepakatan Kelas Daring dan Tatap Muka
21. Aktivitas 21: Prinsip Kesepakatan Kelas Daring (Online)

22. Aktivitas 22: Kuis Kesepakatan Kelas Daring dan Tatap Muka
23. Aktivitas 23: Pembahasan Kesepakatan Kelas Daring (Online) dan Tatap Muka (Offline)

👉 Memandu Kesepakatan Kelas Daring dan Tatap Muka [5 Aktivitas]
24. Aktivitas 24: Cara Memandu Kesepakatan Kelas Tatap Muka
25. Aktivitas 25: Panduan Memandu Kesepakatan Kelas Tatap Muka
- Menggunakan kalimat positif
- Sederhana dan mudah dimengerti
- Jumlah poin kesepakatan dibatasi
- Bahasa kesepakatan disesuaikan dengan jenjang dan usia murid
- Melibatkan murid dalam membuat kesepakatan
- Melibatkan murid untuk membuat tanda setuju di lembar kesepakatan kelas
26. Aktivitas 26: Merancang Memandu Kesepakatan Kelas Daring (Online)
27. Aktivitas 27: Refleksi Memandu Kesepakatan Kelas Daring dan Tatap Muka

28. Aktivitas 28: Pembahasan Refleksi Memandu Kesepakatan Kelas Daring dan Tatap Muka
29. Aktivitas 29: Asesmen Pasca Program [100/100]
Selamat ibu luar biasa pencapaian x bunda mhn bimbingan x
BalasHapus