Buku kerja guru menjadi perangkat administrasi wajib bagi guru yang berisi instrumen yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, baik Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi dan Kurikulum yang dikembangkan sekarang yaitu Kurikulum RPP 1 Lembar atau Kurikulum Merdeka.
Buku Kerja guru kurikulum Merdeka 2023 ini dipecah jadi 4 buku: buku 1, buku 2, buku 3 serta buku 4. Pembagian buku ini tidak lain supaya administrasi guru lebih sistematis lebih tertata apik. Seluruh perihal di atas hendak lebih apik bila di urutkan cocok dengan lembar ceklist (Download)
Buku 1 terdiri dari:
- Cover buku 1
- Capaian Pembelajaran
- Tujuan Pembelajaran
- Alur Tujuan Pembelajaran
- Modul Ajar
- Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
- Cover Buku 2
- Kode Etik Guru
- Ikrar Guru
- Tata Tertib Guru
- Pembiasaan Guru
- Kalender Pendidikan
- Alokasi Waktu
- Program Tahunan (Prota)
- Program Semester (Promes)
- Jurnal Agenda Guru
- Download Buku 2
- Cover Buku 3
- Absensi Siswa
- Daftar Nilai
- Penilain Akhlak/Kepribadian
- Analisis Hasil Penilaian Formatif / Sumatif
- Program pembelajaran, perbaiakan dan pengayaan
- Daftar Buku Pegangan Guru/Siswa
- Jadwal Mengajar
- Daya Serap Siswa
- Kumpulan Kisi-kisi Soal
- Kumpulan Soal
- Analisis Butir Soal
- Perbaikan Soal
- Download Buku 3
- Cover Buku 4
- Evaluasi Diri Madrasah
- Program Tindak Lanjut
- Download Buku 4
BUKU KERJA 1
Capaian pembelajaran atau learning outcomes merupakan suatu ungkapan untuk menunjukkan tujuan pendidikan. Capaian pembelajaran disingkat CP juga menyatakan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik. Wikipedia
2. Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap) murid yang perlu dibangun melalui satu atau lebih kegiatan pembelajaran
Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu kompetensi dan lingkup materi. Kompetensi merupakan kemampuan yang perlu didemonstrasikan oleh murid untuk menunjukkan dirinya telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Pusat informasi
Tujuan Pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju Capaian Pembelajaran (CP).
Secara operasional, komponen Tujuan Pembelajaran dapat memuat tiga aspek berikut ini:
- Kompetensi, yaitu kemampuan yang dapat didemonstrasikan oleh murid atau ditunjukkan dalam bentuk produk yang menunjukkan murid telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
- Konten, yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran.
- Variasi, yang menjelaskan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan tingkat tinggi yang perlu dikuasai murid untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Misal: mengevaluasi, menganalisis, memprediksi, menciptakan, dan sebagainya.
Contoh Tujuan Pembelajaran:
Menjelaskan hukum Newton dengan menggunakan kata-kata sendiri dan menceritakan fenomena dalam keseharian yang menggambarkan hukum Newton.
- Kompetensi (kata kerja yang menunjukkan keterampilan/ aksi) → menjelaskan, menceritakan
- Konten (materi yang dipelajari) → hukum Newton
- Variasi (penggunaan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan tingkat tinggi) → dengan kata-kata sendiri
Prosedur Pengembangan Tujuan Pembelajaran
- Melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
- Berdasarkan analisis pada CP, tentukan materi utama atau konten inti.
- Menentukan tujuan pembelajaran.
- Perumusan TP memuat kompetensi (pengetahuan, keterampilan dan sikap), konten, serta kebermaknaan dalam pembelajaran.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan Tujuan Pembelajaran yang dilakukan sepanjang fase untuk mencapai Capaian Pembelajaran yang harus dicapai di akhir fase.
Video penjelasan Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) |
Panduan Umum untuk merumuskan ATP dan TP dapat diunduh pada tautan ini.
Modul ajar merupakan salah satu perangkat ajar, berupa dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.
Informasi mengenai Media Pembelajaran dapat dilihat di sini.
Konsep Modul Ajar
Tujuan pengembangan modul ajar:
- Mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran;
- Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran;
- Menjadi rujukan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran;
- Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian pembelajaran.
Dalam penggunaan modul ajar, pendidik memiliki kemerdekaan untuk:
- Memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik peserta didik, atau
- menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Contoh Modul Ajar
Judul Modul Ajar | Bilangan |
---|---|
Mata Pelajaran | Matematika |
Kelas/Fase | Kelas X/Fase E |
Penulis | Rahmawaty Polontalo |
Tahun | 2023 |
Capaian dan Tujuan | Elemen Capaian : Bilangan Tujuan Pembelajaran: Peserta didik dapat menyatakan perkalian bilangan bulat berulang sebagai bilangan berpangkat (eksponen), menggeneralisasi sifat-sifat eksponen, menerapkan sifat eksponen untuk menyederhanakan ekspresi, mengidentifikasi bentuk ekuivalen menggunakan sifat eksponen (termasuk hubungan pangkat rasional dan bentuk akar), menentukan pola dari suatu barisan bilangan, menjelaskan pengertian barisan aritmetika, menentukan rumus suku ke-n suatu barisan aritmetika, menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan barisan aritmetika, menjelaskan pengertian deret aritmetika, menentukan rumus jumlah n suku pertama suatu deret aritmetika, menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan deret aritmetika, menjelaskan pengertian barisan geometri, menentukan rumus suku ke-n suatu barisan geometri, menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan barisan geometri, menjelaskan pengertian deret geometri, menentukan rumus jumlah n suku pertama suatu deret geometri, menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan deret geometri, menjelaskan pengertian deret geometri tak hingga, menentukan rumus jumlah deret geometri tak hingga, menyelesaikan masalah kontekstual yang terkait dengan deret geometri tak hingga, menganalisis bunga tunggal dan bunga majemuk, menyelesaikan masalah kontekstual terkait bunga tunggal dan bunga majemuk dengan tepat, melalui kegiatan eksplorasi, presentasi dan unjuk kerja, Peserta didik mampu menunjukkan sikap mandiri, melalui kegiatan eksplorasi. Acuan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP): LIHAT DOKUMEN ATP Profil Pelajar Pancasila: Mandiri, Bernalar kritis, Kreatif |
Detail Penggunaan | Total Alokasi Waktu: 6 x 45 menit (@3JP) Moda Pembelajaran: Tatap Muka Sarana dan Prasarana: a. Komputer (Optional) b. Jaringan Internet (Optional) c. Proyektor (Optional) d. Papan Hitung Target Murid: Murid Reguler/tipikal Jumlah Murid: 30 Murid |
Daftar Pertemuan 1 | Judul Pertemuan: bilangan berpangkat (eksponen) Alokasi Waktu: 2 x pertemuan (@3JP) Detail Kegiatan: Detail Pertemuan_ bilangan berpangkat (eksponen) Materi Pendukung: 1. Latihan/asesmen - Lampiran LKS - Pengayaan - Remedial 2. Instrumen refleksi - Refleksi Guru - Refleksi Murid |
Daftar Pertemuan 2 | Judul Pertemuan: Barisan dan deret Aritmetiak Alokasi Waktu: 2 x pertemuan (@3JP) Detail Kegiatan: Detail Pertemuan_Barisan dan Deret Aritmetiak Materi Pendukung: 1. Latihan/asesmen - Lampiran LKS - Pengayaan - Remedial 2. Instrumen refleksi - Refleksi Guru - Refleksi Muri |
0 komentar:
Posting Komentar