SELAMAT DATANG SAHABAT PEMBELAJAR

Jumat, 06 Maret 2020

Menyusun RPP dengan Pendekatan Computional Thingking

 RESUME DISKUSI EDUKASI pada Grup:  GURU PENGGERAK 4.0 

https://studio.code.org/congrats?i=_1_372d71226ddc3fd8c7f53ebd820f7301&s=aG91cm9mY29kZQ==

Pokok diskusi adalah menyusun RPP dengan pendekatan computional thingking.

Pemateri 1 : Bpk Indra Charismiadji, beliau salah seorang pemgamat dan dewan pendidikan
Pemateri 2 : Bpk fathur rachim, ketua Agtifindo

Tema kita malam ini tentang Computational Thinking sebagi sebuah pendekatan dalam menyusun RPP. Lebih jelasnya nanti di bagian pak Indra akan menejelaskan mengenai hal tersebut hubungannya dengan 2 tugas yang sudah bapak ibu kerjakan hari ini yakni tentang hour of code dan google maps barusan.

Sebagai bahan referensi awal tentang Computatioial Thinking bapak ibu bisa membaca pada link http://www.fathur.web.id/2015/09/computational-thinking-computer-science.html

Dan link berikut ini tentang sejarah masuknya CT di Indonesia http://www.fathur.web.id/2019/05/sejarah-computational-thinking-di.html

Fathur Rachim Ngoding, [06.03.20 19:43]
Sebagai informasi tambahan, CT menjadi dasar lahirnya mata pelajaran Informatika di Indonesia. Namun CT dalam penerapannya tidak terbatas pada mapel Komputer/TIK tapi dalam semua mata pelajaran bahkan lintas disiplin ilmu. dan di era Mas Menteri, CT menjadi C yang ke-5 , namun beliau lebih senang menyebutnya dengan "Computational Logic
Jadi selain Critical Thinking, Communication, Collaboration, dan Creatifity, terdapat C yg ke-5 yakni Computational Thinking atau Computational Logic

Indra Charismiadji, [06.03.20 19:54]
Sebelumnya apakah teman2 sudah mencoba codingnya?
Saya sarankan sih coba dulu:

Seperti yg disampaikan pada Indra tadi. Dahulu kita mengenal basic skill itu adalah Membaca, Menulis dan Berhitung. Nah kini basic skill itu ketambahan 1, yakni basic skill ke empat yakni berfikir komputasi (Computational Thinking)




Saya akan jelaskan satu2 ya











FAQ:

A (Annita Meilina): Pak, jika dilihat dari sini itu bentuknya siklus. Jd terus menerus berkesinambungan kan
Q  (Indra Charismiadji): Betul sekali Bu

A (Ary Arman Syah): Apakah ini pada waktu kurikulum 1984 yang disebut flowchart pak?
Q (Indra Charismiadji): Dasarnya sih begitu ya. Tapi lebih kompleks lagi

A (Melise Nahampun): Butuh kehati hatian dan ketelitian dalam pembuatan pola nya yah pak.
Q (Indra Charismiadj): Nanti kita bahas satu2

A (Paianhot Sitanggang): Tidak semua anak bisa mengurai...
Q (Indra Charismiadji): Hanya yang HOTS saja

A (Soni Leksono): berarti perlu ada revolusi pembelajaran di tingkat usia dini yang saya tahu lebih menekankan pada kompetensi Baca, Tulis dan HItung, untuk lebih didekatkan pada pola pikir komputational thingking..
Q (Indra Charismiadji): Memang ujungnya kan di problem solving

A (Siti Nurjanah): Apakah metode CT juga relevan untuk semua jenjang pendidikan
Q (Indra Charismiadji):

A (Paianhot Sitanggang): Apakah dalam rpp tahapan computational ini dapat dibuatkan sebagai syntax? Dan wajib semuanya student centre?
Q (Indra Charismiadji): Otomatis akan begitu Pak

A (Ary Arman Syah: Apakah RPP yang dibentuk dalam algoritma nanti juga melaksanakan tahapan uji dan verifikasi sebelum dilaksanakan pak?
Q (Indra Charismiadji): Dilaksanakan saja baru nanti di debugging kalau blm sesuai harapan

A (Yulaina Nurramadhani): Penerapan CT dalam pembelajaran berarti ada di dalam PBL, inquiry?
Q (Indra Charismiadji): semua model pembelajaran

-------------

Fathur Rachim Ngoding
dalam link tersebut ada 3 buah tugas yang harus bapak ibu upload sebagi bukti keikutsertaan bpk/ibu dalam kegiatan kita malam ini

1. adalah RPP dengan pendekatan CT yg bpk/ibu buat
2. Resume singkat kegiatan malam ini versi bpk/ibu
3. Tugas google maps yang ditugaskan sebelum kegiatan

jadi ada 3 file yg akan bpk/ibu upload (ketiga file tersebut jangan di zip)

kemudian bpk/ibu mungkin akan bertanya bagaimana format dan contoh rpp dg pendekatan CT itu.... seperti disampaikan pak indra tdk ada contoh format, karena akan membelenggu bpk/ibu saja.
namun sebagai gambaran


Gambar tersebut merupakan contoh KD yang diambil dari mapel Kimia
bagaimana men"Dekomposisi" KD tersebut....

Misalnya dengan
1. Proses pembentukan, 2. Fraksi-fraksi minyak bumi,  3. Teknik pemisahan,  4. Kegunaannya dst....

Fraksi misyam bumi di decomposisi lagi hingga satuan yg lebih mudah untuk menjadi bahan pemeblajaran dan diskusi di kelas.

Fraksi misyam bumi di decomposisi lagi hingga satuan yg lebih mudah untuk menjadi bahan pemeblajaran dan diskusi di kelas.

Kemudaian saya lompat ke terakhir yg disebut pak Indra dengan Debugiing...
Ya, rada aneh memang jika kita menyususn RPP untuk keperluan 1 semester.... bahkan ada yg sudah selesai untuk 1 tahun, seolah-olah RPP yg kita susun akan berjalan semua sesuai dg rencana, tidak ada plan A, plan B dan plan C.......
inilah pentingnya Reflection pada RPP

RPP yg akan bapak ibu buat adalah lebih kepada Action Plan, bukan Lesson plan..... seperti hasil diskusi kita sebelumnya http://www.fathur.web.id/2020/02/bukan-rpp-merdeka-belajar-guru.html

Fraksi misyam bumi di decomposisi lagi hingga satuan yg lebih mudah untuk menjadi bahan pemeblajaran dan diskusi di kelas.

Dewi Utari,
Ini link penugasan: https://forms.gle/vj5KGgoUvJUnQy47A

Semua jawaban dapat di tunggi sampai hari minggu tgl 8 maret 2020 pukul 21.00 wib
Terima kasih banyak kpd bpk ibu semua..sampai ktemu lagi dlm diskusi dgn tema lainnya.

Fathur Rachim Ngoding, [06.03.20 21:37]
Terimakasih bapak/ibu semua, dan sebagai tambahan bahan dan pengetahuan, silahkan dibaca halaman 74-80
Buku How to STEAM your Classroom pada link https://bit.ly/steamclassroom


MATERI dalam file AUDIO:

              

My Answers:

1. RPP dengan pendekatan CT yg bpk/ibu buat
https://drive.google.com/file/d/15FJ66GD1cEivR3pnfwpa7vUhVnGkBqEL/view?usp=sharing

2. Resume singkat kegiatan malam ini versi bpk/ibu
https://mtkrahma.blogspot.com/2020/03/menyusun-rpp-dengan-pendekatan.html
 
3. Tugas google maps yang ditugaskan sebelum kegiatan
https://drive.google.com/file/d/1f4tNQpUY0FNq_Yz7hMPoYkrwc23X_PMs/view?usp=sharing


0 komentar:

Posting Komentar