SELAMAT DATANG SAHABAT PEMBELAJAR

Kamis, 02 Januari 2020

TAUTAN INSPIRASI

Di dunia ini siapa saja ingin menambah ilmu dan pengetahuan untuk diri sendiri, kelompok tertentu atau komunitas-komunitas dan sebagainya.
Tujuan untuk menambah ilmu dan pengetahuan tidak lain untuk suatu kemajuan.
Kemajuan untuk diri sendiri, kelompok tertentu atau komunitas-komunitas dan sebagainya, seperti mengetahui tentang perkembangan teknologi, pendidikan era digitalisasi, perkembangan zaman dari masa ke masa.  Kemajuan ini pula tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak.  Pihak disini tentunya sumber dari pengetahuan itu sendiri. Untuk menambah ilmu dan pengetahuan juga di perlukan suatu proses dan tidak bisa instant. Proses ini juga yang menuntut kita untuk bersabar, dan kesabaran itulah yang membentuk suatu karakter, dari karakter itulah kita bisa mengaplikasi ilmu dan pengetahuan dalam pribadi kita, lingkungan keluarga dan masyarakat.

Bagaimana Cara Untuk Menambah Ilmu Yang Kita Miliki?

Seorang  pembelajar atau penuntut ilmu pastinya ingin sekali memperoleh ilmu sebanyak mungkin. Akan tetapi, terkadang mereka tak tahu bagaimana cara untuk mendapatkannya. Perlu diketahui, sebenarnya ada banyak sekali yang bisa dilakukan seorang pembelajar  atau penuntut ilmu agar ilmu yang dimiliki  bertambah dan update tentunya. Berikut  beberapa cara yang bisa dilakukan seorang pembelajar  agar ilmu bertambah, update  dan barokah.
  • Memperbanyak membaca buku
Tidak salah pepatah mengatakan bahwa “buku adalah jendela dunia,”  tentu kita semua sudah mengerti dan mengetahui bahwa membaca sangatlah penting bagi kita semua. Bahkan ayat al-qur’an yang pertama kali turun juga mengandung perintah membaca yakni di dalam QS. Al-‘Alaq :1-5 .
Jika seorang  pembelajar atau penuntut ilmu yang menginginkan ilmunya bertambah tanpa membaca, maka bagaikan mengharapkan matahari di malam hari.  Maka untuk itu sebagai pembelajar  hendaknya segeralah  merperbanyak membaca. 
Karena dengan membaca kita bisa menambah ilmu dan pengetahuan, buku-buku yang dapat kita baca tidak hanya tentang pelajaran-pelajaran yang akan diajarkan pada peserta didik atau keluarga kita saja melainkan misalnya buku-buku yang ditulis oleh motivator-motivator sukses dengan mengutip pemikiran-pemikiran maju yang dapat menginspirasi kita untuk diaplikasikan pada pribadi kita, lingkungan keluarga dan masyarakat. Atau buku-buku lainnya yang dapat memberikan inspirasi dan motivasi untuk kita baik itu tentang berbisnis, kemajuan teknologi, tempat wisata, dan sebagainya. Buku-buku tersebut dapat kita beli di toko buku secara virtual maupun ofline.
  • Memperbanyak diskusi
Dengan berdiskusi, akan mendapatkan tambahan pengetahuan yang mungkin awalnya kita tidak mengetahuinya. Diskusi disini sangatlah penting dalam menambah pengetahuan, karena dengan memperbanyak berdiskusi maka akan banyak pula solusi yang kita dapatkan terhadap suatu pengetahuan.
Bahkan  Imam Abu Hanifah yang seorang tokoh ulama besar yang selalu berdiskusi  tentang segala hal untuk menambah pengetahuan dan wawasan beliau.  Maka untuk itu, kita sebagai seorang pembelajar apa  salahnya jika memperbanyak diskusi. Diskusi dapat dilakukan dengan sangat mudah sepanjang teman diskusi welcome dengan topic diskusi, baik diskusi secara virtual maupun ofline.
  • Memperbanyak bertanya sekaligus berfikir dengan akal  sehat
Tokoh ulama yang sering bertanya sekaligus berfikir dengan akal sehat yaitu Imam Ibnu Abbas.  Banyak orang yang sebenarnya memilki banyak pertanyaan akan tetapi terkadang merasa takut untuk menanyakannya. Justru untuk masalah yang seperti ini, harus dihindari karena kita akan rugi yakni akan kehilangan banyak pengetahuan yang seharusnya kita dapatkan secara mudah.
  • Hindari sifat sombong dan bakhil (pelit) dalam hal berbagi ilmu kepada orang lain
Dulu ketika Abu Yusuf (murid dari imam Abu Hanifah) ditanya, “kenapa ilmunya bisa bertambah?”,  kemudian beliau Abu Yusuf menjawanb dengan jawaban “janganlah sombong dan bakhil (pelit) untuk berbagi ilmu kepada orang lain.”  Untuk itu hindarilah kedua sifat tersebut.
  • Sharing dengan orang tua
Hal yang tidak kalah pentingnya adalah sharing dengan orang tua, karena mereka dapat memberikan ilmu dan pengetahuan melalui nasehat-nasehat dan didikan-didikan yang membangun dan bisa membuat kita menjadi lebih baik dan bijaksana, karena orang tua bisa mengarahkan kita. Nasehat  yang disampaikan oleh orang tua dapat berupa norma  atau budaya  dalam keluarga dan lingkungan sekitar, selain disampaikan secara langsung bisa melalui contoh atau teladan yang diterapkan setiap harinya.  Dengan adanya sharing, orang tua tahu mana yang pantas dan cocok untuk kita, baik dalam hal minat dan bakat kita.
  • Ikut seminar dalam forum online dan ofline
Dalam seminar tentunya ada tutor-tutor professional yang memiliki segudang ilmu yang dapat dibagikan kepada kita baik secara virtual maupun ofline. Ilmu yang dibagikan dapat berupa tips, tutorial atau ajakan yang memberikan manfaat signifikan bagi kita jika diaplikasikan dengan baik. Dalam seminar juga ada sesi Tanya jawab yang dapat membantu kita mengetahui penjelasan topic yang sudah dipaparkan namun belum dipahami atau ingin menggali topic tersebut lebih detail.
Tersedia banyak forum online yang sangat membantu guru pembelajar yang terkendala  waktu untuk berkunjung ketempat forum seminar atau sarasehan ofline. Guru pembelajar dapat mengunjungi forum online secara free menggunakan room virtual dengan berbagai software aplikasi, tautan untuk masuk  room virtual  tersedia hampir disemua grup whatsapp dan medsos lainnya. Contoh seminar  menggunakan forum online antara lain SADAR (Sarasehan dalam Jaringan), LONTARA (Learning Online Nusantara), SULTRA CERDAS, bahkan sudah hadir GoSmart (Gorontalo Semangat Belajar Teknologi)  yang digagas oleh guru pembelajar alumni VCT Seameo.
  • Internet
Internet juga sarana yang baik untuk kita menambah ilmu dan pengetahuan karena dengan mengetik kata kunci saja kemudian  tekan enter ada ratusan bahkan ribuan yang muncul yang dapat kita baca. Di media sosial juga bisa kita dapatkan ilmu dan pengetahuan dengan sharing dengan teman-teman media sosial misanya melalui Instagram, facebook, twitter, whatsApp, Line, BBM, dan masih banyak lagi. Dengan adanya internet juga mendukung pembelajaran secara otodidak, membantu penguasaan berbagai bahasa asing, tempat untuk mendapat ide-ide atau wawasan  dan sebagainya. Jadi bijaklah dalam menggunakan internet agar tidak disalahgunakan untuk hal yang tidak bermanfaat.
  • Selalu mengucap syukur kepada Allah SAW atas segala hal yang telah diberikan kepada kita. 
Itulah beberapa tautan inspirasi  dalam mengembangkan dan mengupdate knowledge dan skill  sebagai guru pembelajar, belajar dimana saja, kapan saja dan dimana saja.
Semoga manfaat dan berkah. Aamiin
Salam guru pembelajar
Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja.

#TAUTAN  INSPIRASIKU:  bit.ly/tautanINSPIRASI

0 komentar:

Posting Komentar